Login / Daftar

Fire Damper

Fire Damper adalah alat pemadam kebakaran yang merupakan alat untuk menutup atau memblokir lubang ventilasi pada pendingin atau pemanas ruangan sehingga jika sewaktu – waktu terjadi kebakaran, fire damper ini bisa difungsikan sebagai penutup agar api tidak menyebar keseluruh ruangan. Prinsipnya adalah jika udara dihentikan maka api sulit untuk menyebar karena api memerlukan oksigen yang terkandung dalam udara untuk merambat. 





Meskipun fire damper masuk kedalam alat pemadam kebakaran, produk ini tidak berperan dalam mematikan api seperti APAR, alat pemadam berat, fire springkle, dan lainnya. Karena fire damper berperan untuk menutup atau memblokir lungang ventelasi ketika terjadi potensi kebakaran. Sehingga dengan begitu api tidak langsung menyebar keseluruh bangunnan. 

Untuk memudahkan anda dalam memasang fire damper yang sesuai, berikut cara pemasangannya.

1. Beli Fire Damper

Sebelum membeli fire damper, Anda dapat melakukan riset pada harga dan model yang berbeda untuk memastikan Anda mendapatkan ukuran damper yang tepat.

2. Dapatkan Akses ke Area Tempat Instalasinya

Lihatlah cetak biru rumah Anda untuk mengetahui cara terbaik untuk mengakses saluran tempat peredam api akan dipasang. Anda dapat memasangnya di dinding atau langit-langit. Biasanya lebih mudah untuk mengakses langit-langit jika Anda memiliki langit-langit palsu.

3. Pasang Damper Dengan Aman ke Dinding atau Langit-langit

Gunakan sekrup logam untuk mengencangkan damper ke selongsong. Jika Anda memiliki konstruksi jenis kayu pejantan, Anda harus memastikan bahwa Anda mengisi sekeliling bukaan dengan potongan pengisi sehingga damper bekerja dengan baik dan ruangan disegel. Pastikan Anda mengikuti instruksi pabrikan pada surat tersebut karena damper yang berbeda berfungsi dan dipasang secara berbeda.

4. Uji Peredam untuk Memastikan Fungsinya Benar

Nyalakan api dan pastikan damper berfungsi dengan baik. Nyalakan api selama satu jam atau lebih. Hal tersebut untuk memastikan apakah fire damper yang digunakan sesuai, dan berfungsi.

Produk Terbaru Fire Damper

Bata Api Peredam Api
Supplier : PT Dorareta Indo Makmur 2
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 25
Banten , Kota Tangerang
Fire Volume Damper Gear Material Steel
Supplier : PT Tamura Air Conditioning Indonesia
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 123
Bekasi , Bekasi
Fire Damper (Bahan Dari Plat Besi - Termasuk Fuse)
Supplier : CV. Surya Abadi Teknik
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 150.000
Jawa Timur , Surabaya
Fire Damper Type Handel Material Steel
Supplier : PT Tamura Air Conditioning Indonesia
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 123
Bekasi , Bekasi
Fire Fighting Volume Damper
Supplier : PT Sejuk Abadi
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 250.000
Banten , Kab. Tangerang
Helm Pemadam Sos Fullgard
Supplier : PT. Satria Saftindo Jaya
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
DKI Jakarta , Jakarta Barat
Arrow