Login / Daftar

Overload AC

Overload AC merupakan spare part AC yang berfungsi untuk mengamankan kompresor jika kompresor bekerja tidak normal. Overload ini bekerja dengan cara memutus aliran listrik yang menuju kompresor, agar tak terjadi kerusakan pada mesin AC. Letak overload sendiri berada didekat kompresor AC.





Agar AC anda dapat bekerja secara normal, diperlukan beberapa spare part AC yang dapat mengontrol tekanan suhu AC agar suhu yang dihasilkan tetap stabil. Salah satu spare part utamanya adalah kompresor AC. Apabila kompresor AC tak bekerja secara normal, maka spare part overload AC akan bekerja untuk memutuskan aliran listrik yang menuju kompresor AC agar tak terjadi kerusakan pada mesin AC. Untuk mengetahui penyebab overload AC bekerja, berikut pembahasannya:

1. Kurangnya Tekanan Freon

Freon merupakan bahan pendingin pada AC. Freon atau refrijeran akan menyerap dan membuang panas pada siklus pendinginan.

Penyerapan panas oleh Freon terjadi di evaporator. Pembuangan panas oleh Freon terjadi di kondensor. Jika tekanan Freon kurang, maka dapat memicu kerja overload protector.

Jika tekanan kurang, maka suhu refrijeran yang masuk ke pipa hisap kompresor akan lebih tinggi dari keadaan normal. Hal ini akan menyebabkan suhu di kompresor juga semakin tinggi atau panas. Jika kompresor panas, maka overload akan bekerja untuk melindungi kompresor dari panas berlebih.

2. Kapasitor tidak normal

Kapasitor pada AC split ada dua, yaitu kapasitor untuk kompresor dan kapasitor untuk fan kondensor. Kapasitor pada outdoor berfungsi untuk membantu start kompresor. Jika kapasitor rusak, maka motor kompresor tidak mampu running start, akibatnya arus yang listrik naik.

Saat arus listrik yang mengalir pada lilitan motor kompresor naik, maka lilitan akan semakin panas. Untuk mencegah lilitan motor kompresor terbakar, maka overload akan memutus arus listrik yang masuk ke kompresor.

3. Oli kompresor kurang

Oli pada kompresor berfungsi sebagai pelumas bagian mekanik kompresor. Oli akan meminimalisir gesekan piston kompresor AC Split.

Jika jumlah oli pada kompresor berkurang, maka proses pelumasan akan terganggu. Gesekan pistron yang terus-menerus akan menimbulkan panas yang semakin meningkat. Panas yang berlebih pada kompresor akibat kurang oli ini juga akan memicu kerja overload. Overload akan memutus arus sehingga kompresor berhenti.

Itulah penyebab overload AC bekerja. beberapa produk overload AC yang berkualitas seperti overload ac schneideroverload ac tecooverload ac mitsubishi electric, dan overload ac kaeser. Pastikan overload yang anda pilih sesuai dengan spefikasi AC anda.

Produk Terbaru Overload AC

Ac Industri Dan Perangkatnya Thermal Overload Relay
Supplier : CV. SAMUDERA TEKNIKINDO SELARAS
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 100
Jawa Barat , Cikarang
Overload Ac 1 Pk
Supplier : UD. Galaxy Andromeda
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
Jawa Timur , Surabaya
Overload Gepeng 1/10 Hp
Supplier : UD. Galaxy Andromeda
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
Jawa Timur , Surabaya
Overload Ac Gepeng 1/4 Hp
Supplier : UD. Galaxy Andromeda
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
Jawa Timur , Surabaya
Overload Rhu-10 Teco
Supplier : PT. Dua Putera Indo Sejahtera
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
DKI Jakarta , Jakarta Pusat
Th-T25 15A ( 12- 18A) Thermal Overload Relay Mitsubishi Th-T..
Supplier : Hargo Mandiri
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 888
DKI Jakarta , Jakarta Barat
Arrow