Login / Daftar
Pipa Baja

Pipa Baja


Cari Pipa Baja terbaik untuk bisnis anda. Bandingkan penawaran harga Pipa Baja dari berbagai supplier terbaik. Belanja di Indotrading secara B2B dengan Mudah. Klik Minta Penawaran , Terima Penawaran harga, Buat PO , dan bertransaksi dengan aman di Indotrading



Pengertian Pipa Baja, Serta keunggulan, dan Jenis Pipa Baja yang Perlu diketahui Sebelum Membelinya

Pipa baja merupakan jenis pipa yang dikenal akan kekuatan dan daya tahannya yang lebih baik dari jenis pipa lainnya. Sehingga jenis pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan berbagai fluida yang dianggap ekstrim dengan sistem pemipaan yang aman. Sel...



Jenis Jenis Pipa Baja

Pipa baja merupakan jenis pipa yang cukup populer di kalangan umum. Untuk memudahkan Anda  mengetahui jenis jenis pipa, berikut pembahasannya

1. Pipa Baja Carbon Steel

Pipa baja carbon steel adalah jenis pipa yang secara komposisi tersusun atas perpaduan besi dan karbon. Kandungan karbon pada pipa baja karbon biasanya kurang dari 1,7%. Selain kandungan karbon, pipa jenis ini juga mengandung mangan kurang dari 1,65%,  aluminium, serta silikon. Selain itu, pipa jenis ini juga mengandung kontaminan seperti oksigen (O), belerang (S), nitrogen (N), dan tidak ada batas minimal yang ditentukan untuk elemen seperti Cr, Ni, Al, Co, Mo, Ni.

Saat ini sendiri Pipa jenis carbon steel terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

a. LCS (low carbon steel). Jenis pipa ini memiliki kadar karbon di bawah 0,25%

b. MCS (medium carbon steel). Jenis pipa ini mengandung kadar karbon 0,25%-0,6%

c. HCS (high carbon steel). Jenis pipa ini mengandung kadar karbon 0,6%-1,4%.

Perbedaan kadar kandungan karbon dalam pipa dapat menyebabkan perbedaan sifat ketangguhan dan kekerasan pipa. Umumnya, pipa jenis carbon steel digunakan pada industri-industri pembangkit listrik atau pembangkit energi. Selain industri listrik, pipa jenis ini juga biasa dipakai di industri hidrokarbon, industri kimia, dan berbagai industri lainnya yang menggunakan fluida dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Salah satu pipa baja jenis ini yang dapat Anda gunakan adalah pipa baja nippon.

2. Pipa Baja Paduan (Allow Steel)

Jenis pipa baja berikutnya adalah baja campuran/paduan (alloy steel). Jenis pipa ini terbuat dari berbagai elemen material. Tentunya material tersebut memiliki beragam fungsi yang sangat bervariasi. Untuk memudahkan Anda berikut berbagai material, dan fungsinya:

a. Karbon, digunakan sebagai penambah kekuatan (yield dan ultimate) dan daya kaku pipa.

b. Silikon, digunakan sebagai deoxidizer yang mampu menangkap oksigen terlarut, menghindari porositas, dan meningkatkan castability.

c. Mangan, berfungsi sebagai campuran untuk meningkatkan daya tahan pipa.

d. Material krom, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan pipa terhadap abrasi. Serta memberi ketahanan terhadap aus dan suhu yang tinggi. Biasanya Campuran kromium di atas 11,5% dapat menghasilkan lapisan oksida yang lebih stabil.

e. Molibdenum, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan baja terhadap suhu yang ekstrem.

f. Nikel, digunakan sebagai bahan material pada baja yang berfungsi meningkatkan sifat gas pada pipa baja. Campuran nikel di atas 7% dapat menghasilkan struktur atom pada baja menjadi austenit pada suhu kamar.

g. Aluminium, aluminium merupakan material yang berfungsi meningkatkan proses deoksidasi setelah dicampur dengan material silikon.

h. Tembaga, merupakan material yang dicampur pada pipa yang berfungsi sebagai bahan anti karat pada pipa.

i. Vanadium, merupakan campuran pada pipa yang digunakan untuk meningkatkan sifat mekanik pipa. Selain itu, vanadium juga dapat meningkatkan ketahanan pipa terhadap hidrogenasi di suhu tinggi.

Jenis pipa campuran biasa digunakan dalam industri yang melibatkan suhu cukup tinggi. Seperti penukar panas, tabung tungku, pembangkit listrik, sampai jenis industri reaktor kimia. Disamping itu, penggunaan pipa campuran juga sering dipakai dalam industri dengan sifat fluida yang cenderung mirip.

Produk Terbaru Pipa Baja

Pipa Baja Api Servotech 5Ct
Supplier : PT Servotech Indonesia
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 123
Kepulauan Riau , Batam
Minta Penawaran
Pipa Baja Seamless Sumitomo Api 5L Grade A
Supplier : PT Synergy Jayatama
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 123
DKI Jakarta , Jakarta Timur
Minta Penawaran
Pipa Baja Gelombang Type Nestable Flange E 100
Supplier : PT CHASANA BAJA KONSTRUKSI
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 25.500
Jawa Barat , Bogor
Minta Penawaran
Pipa Baja Hollow Bentuk Kotak Hitam
Supplier : UD. Kuda Mas Indometal
Status Pajak: Non PKP
Harga : Call
Jawa Timur , Surabaya
Minta Penawaran
Pipa Baja Casing Dan Tubing Servotech 5Ct
Supplier : PT Servotech Indonesia
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 123
Kepulauan Riau , Batam
Minta Penawaran
Pipa Baja Armco Type Multi Plate Pipe
Supplier : PT CHASANA BAJA KONSTRUKSI
Status Pajak: Non PKP
Harga : Rp 29.500
Jawa Barat , Bogor
Minta Penawaran
Arrow